iDesa – Sistem Informasi Revolusi Data Desa

Banyak program pemerintah kabupaten, provinsi, maupun pusat yang berbasis data desa. Namun seringkali data tersebut tidak sinkron dengan realitas di masyarakat karena masing-masing menggunakan sumber data yang berbeda atau karena sudah datanya sudah kadaluarsa / tidak relevan lagi. Dampaknya “program menjadi tidak tepat sasaran” dan sering kali menimbulkan polemik / keresahan di masyarakat.

Karena itu pemerintah desa sebagai elemen pemerintahan terkecil yang bersentuhan langsung dengan masyarakat penting untuk memiliki data yang akurat sehingga setiap kegiatan yang membutuhkan data berbasis desa bisa dicukupi dengan data yang dimiliki pemerintah desa.

Untuk bisa menyediakan data yang akurat tersebut perlu REVOLUSI PENGELOLAAN DATA DESA dengan melibatkan peran aktif masyarakat / kader. Kader data akan bertanggung jawab menjaga validitas data dan melakukan update data penduduk di sekitar rumahnya. Kader data ini sengaja diberikan sedikit pengawasan data agar tidak menjadi beban. Dengan ini diharapkan setiap perkembangan data akan terlaporkan dan terdokumentasi di database desa.

Cakupan fitur yang disediakan antara lain :

  1. Data Profil Desa
  2. Data Kependudukan
  3. Data Surat Menyurat
  4. Data Keuangan
  5. Data Aset Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *